3 Cara Merawat Tanaman Hias dengan Tepat

  • Whatsapp

tanaman hias

Tanaman hias belakangan ini sangat populer sekali, dan tentu saja bukan hanya anak remaja yang suka dengan tanaman hias, namun ibu ibu dan bapak juga banyak sekali yang menggemari tanaman ini.

Read More

Tampilanya yang menarik dengan berbagai jenis membuat tanaman hias begitu populer. Sekarang ini jenis tanaman hias yang sedang naik daun misalkan ada Aglonema, kemudian jenis keladi, sampai dengan janda bolong dan harganya memang berpariasi.

Harga tanaman hias sendiri kebanyakan ditentukan dengan warna dan bentuknya semakin indah dan langka akan semakin mahal karena untuk mendapatkan tampilan tersebut membutuhkan proses yang panjang dari sebuah mutasi genetik jadi wajar saja harganya mahal sekali.

Kendati banyak yang masih pro dan kontra mengatakan musiman tapi toh penggemarnya tidak pernah sepi. Anda cek saja hampir disemua kota se Indonesia tanaman hias akan selalu diburu setiap harinya.

Kira kira apa sih manfaat tanaman hias ini ? tentu saja sangat banyak yang pertama adalah sebagai penghias rumah, atau ruangan menjadi lebih indah, menjadi hiburan karena disela kesibukan kerja kalau memandang tanaman bisa segar kembali. Kemudian menandakan kondisi ekonomi seseorang.

Secara tidak langsung jika anda main ke rumah tetangga yang mengoleksi tanaman hias mahal maka sudah pasti anda akan bisa menyimpulkan oww dia orang kaya meskipun tidak sepenuhnya benar karena bisa jadi ia menyimpan tanaman hias ini dari dulu sebelum booming dan harganya naik.

Maka dari itu, buat anda yang sudah terlanjur suka dan kini memiliki koleksi beberapa jenis tanaman hias di rumah maka anda harus bisa merawatnya dengan tepat dan benar. Nah, kali ini kami sajikan bagaimana cara merawat tanaman hias ini. Yuk simak dibawah ini ya.

Cara Merawat Tanaman Hias

1. Simpan ditempat yang aman

Taukah anda, jika tanaman hias ini memiliki musuh yang sangat nyata yakni manusia itu sendiri alias maling tanaman.

Sudah banyak kejadian dimana tanaman hias hilang dipekarangan rumah. Kondisi ini tentu saja jangan sampai terjadi pada tanaman hias yang baru anda beli. Maka dari itu cara merawat yang pertama adalah pastikan keamanannya ya.

Misalkan, bunda membeli tanaman hias dengan harga 500 ribu, kemudian ditaruh di teras rumah. Ditinggal sebentar langsung hilang. Ini tentu saja sangat menyakitkan apalagi harganya sampai jutaan.

Orang mengambil tanaman hias bisa dikatakan sangatlah mudah, tinggal dicabut selesai, karena yang dicolong bukan dengan potnya melainkan tanamanya saja. Kemudian ditanam ke pot baru maka sudah beres dan akan sangat susah untuk dikenali lagi.

2. Perhatikan kondisi media tanam

Nah yang tidak kalah penting adalah anda harus pastikan dan sering cek media tanam. Dimana media tanam untuk tanaman hias ini rata rata menggunakan komposisi tanah, kemudian pupuk. Jadi dari sisi kelembaban kemudian tingkat keringnya media tanam harus anda perhatikan.

Tentu saja yang terbaik kondisi sedang sedang saja, jangan terlalu basah karena nanti akar akan busak dan jangan terlalu kering nanti akan mati.

3. Rajin bersihkan

Pembersihan tanaman hias memang dibutuhkan sekali, biasanya kotoran berupa bekas dedaunan, kemudian dari rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Jadi bunda harus rajin bersihkan dan tentu saja siram juga jangan sampai kekeringan.

3 Langkah ini sebenarnya sudah cukup, selain tentunya selalu memberikan tanaman terkena sinar matahari supaya lebih sehat dan jangan sampai kepanasan juga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *