Faktor Penyebab dan Langkah Perawatan Luka Kanker di Rumah

  • Whatsapp

Jumlah pasien penderita kanker setiap tahunnya memang senantiasa mengalami peningkatan. Kondisi yang satu ini tentunya juga patut diwaspadai karena memang selama ini belum ditemukan obat yang benar-benar efektif untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, bahkan semakin lama bermunculan yang baru dan kian berbahaya. Tak jarang juga diantara komplikasi kanker ini adalah menyebabkan luka di bagian luar tubuh, seperti diantaranya adalah kanker payudara sehingga harus diberlakukan perawatan secara tepat agar tidak semakin parah luka tersebut.

Read More

Diantaranya yang bisa dilakukan adalah dengan perawatan luka kanker di rumah (Link ke URL https://aido.id/our-service), mengingat tentunya Anda sendiri tidak mungkin setiap saat harus datang ke rumah sakit untuk sekedar membuka perban ataupun juga membersihkannya. Selain terkait dengan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan, maka dalam kondisi pandemi virus Corona seperti sekarang ini tentunya juga akan sangat riskan jika harus ke rumah sakit. Karena kemungkinan nanti akan tertular penyakit Covid 19 ini juga sangatlah tinggi.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis perawatan yang dapat dilakukan dari rumah, tak harus datang ke dokter. Baik itu dilakukan sendiri ataupun jika seandainya Anda ingin menggunakan jasa perawatan secara home care, dimana nantinya mereka yang akan datang ke rumah untuk prosedur perawatan luka ini. Mengingat jika kondisinya sudah cukup parah memang hal yang mustahil untuk melakukan perawatan sendiri. lalu sebenarnya apa faktor yang bisa menyebabkan luka luar terjadi pada penderita kanker?

Faktor utamanya adalah karena kondisi kanker yang sudah semakin parah, ketika ia masuk ke stadium lanjut maka akan memicu pertumbuhan kanker di bawah permukaan kulit dan membentuk luka. Luka ini nantinya akan menghambat aliran darah dan juga merusak pembuluh darah sehingga nantinya bagian atau area tersebut akan kekurangan oksigen, jadi jaringan kulit juga akan mati atau istilahnya adalah nekrosis. Dalam kondisi tersebut bakteri akan lebih mudah menginfeksi hingga sangat mungkin nantinya luka akan berbau. Lalu bagaimana dengan perawatannya? Perawatan dapat dilakukan dari dalam maupun luar, diantaranya adalah:

1. Menjaga kebersihan dari luka tersebut, memastikan bahwa luka tetap steril adalah hal yang penting untuk dilakukan, sehingga nantinya dapat meminimalisir kemungkinan bakteri yang akan tumbuh disana. Untuk itu harus rajin dibersihkan dengan menggunakan alkohol kemudian dipakai obat oles untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

2. Jaga luka agar tetap tertutup, menjaganya untuk tetap tertutup juga sangat penting, dengan tujuan mengurangi kemungkinan terpapar oleh udara luar yang mengandung bakteri berbahaya. Jadi harus ditutup dengan menggunakan kain kasa khusus yang bersih dan rajin-rajin diganti dengan yang baru.

3. Jaga asupan makanan yang dikonsumsi, bagaimanapun juga sangat penting untuk memastikan bahwa produk makanan yang dikonsumsi tersebut sehat dan aman bagi penderita kanker. Tidak memperparah kondisinya, jadi bisa dikonsultasikan dengan dokter terkait dengan hal ini.

4. Minum air putih secara cukup, dengan tujuan adalah untuk menghidrasi kulit, ketika kondisi tubuh pasien dehidrasi justru besar kemungkinan akan memperparah luka tersebut.

5. Konsumsi obat yang dianjurkan secara rutin, obat-obatan dari dokter ini juga berguna untuk mempercepat pengeringan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.

Itulah setidaknya beberapa perawatan luka kanker di rumah yang dapat dilakukan. jika Anda tidak tau cara membersihkan dan mengganti perbannya maka bisa dipercayakan pada tenaga perawat. Anda bisa menemukan jasa terbaiknya di Aido.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *