Intip Info SehatQ Tentang 4 Cara Mengatasi Insomnia, Yuk!

  • Whatsapp

intip-info-sehatq-tentang-4-cara-mengatasi-insomnia-yuk

Setelah beraktivitas seharian, tubuh akan memberikan respon melalui rasa lelah dan mengantuk. Sayangnya, tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak walaupun merasa lelah. Tidak sedikit yang justru kehilangan rasa ngantuk itu sendiri sehingga makin malam semakin segar. Hasrat diri ingin istirahat dengan tidur, yang ada mata tak kunjung terlelap. Menurut SehatQ melalui fitur Direktori Penyakit, ini merupakan indikasi awal bahwa Anda mengalami insomnia.

Read More

Ya, diciptakannya siang untuk beraktivitas, dan malam untuk beristirahat. Sehingga ketika Anda memiliki keluhan sulit tidur, ada baiknya Anda segera mencari cara untuk mengatasinya. Jika keluhan sulit tidur ini baru dirasakan belakangan ini, Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri, namun jika insomnia sudah Anda rasakan sejak lama, akan lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter.

Mengatasi Insomnia

Bagaimana cara mengatasi keluhan sulit tidur ini? Berikut ulasannya.

1. Olahraga

Apabila selama ini Anda termasuk orang yang jarang olahraga, tidak ada salahnya jika setelah ini Anda mulai memasukan olahraga sebagai to do list harian. Namun, jika aktivitas Anda cukup padat, melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu juga lebih baik daripada tidak sama sekali.

Olahraga tidak hanya membantu menyehatkan fisik, namun juga dapat memberikan energi pada tubuh, membuat suasana hati lebih rileks, dan tentu saja dapat meningkatkan kualitas tidur.

2. Perhatikan jam tidur

Anda yang memiliki jam tidur tidak tetap akan lebih rentan mengalami insomnia. Hal ini karena ritme sirkadian terganggu akibat jam tidur yang berubah-ubah. Mulai sekarang biasakanlah untuk berangkat tidur pada jam tertentu dan lakukan secara konsisten agar menjadi kebiasaan sehingga ritme tubuh bisa menyesuaikan.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Tidak hanya karena sedang memikirkan banyak hal, insomnia atau keluhan sulit tidur ini bisa juga diakibatkan oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas Anda disarankan tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein ketika sudah mendekati jam tidur.

4. Suasana kamar tidur yang mendukung

Ada orang yang bisa dengan mudah tidur meski berada di ruangan yang berantakan. Namun ada juga yang merasa kesulitan tidur ketika ruangan di sekitarnya berantakan. Nah, jika Anda menyukai kerapihan dan kebersihan, pastikanlah kamar tidur Anda selalu bersih dan rapi.

Bisa jadi Anda sulit tidur karena suasana kamar tidur yang kurang nyaman. Tanpa disadari suasana kamar ini juga mempengaruhi suasana hati lho. Jadi selalu ciptakan kamar tidur yang nyaman dan menyenangkan, ya.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi keluhan sulit tidur atau insomnia. Jangan sepelekan perihal keluhan sulit tidur ini, sebab tubuh memiliki hak untuk istirahat dengan cara tidur. Apabila keluhan Anda tidak kunjung mereda, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan medis. Namun, kesibukan yang padat mungkin membuat Anda tidak sempat ke dokter, sehingga konsultasi kesehatan secara online bisa jadi pilihannya. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan platform kesehatan SehatQ.

SehatQ memudahkan Anda mendapatkan artikel-artikel kesehatan di direktori penyakit yang akurat karena sudah divalidasi oleh para ahli. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat bertanya kepada dokter mengenai keluhan penyakit yang dialami melalui fitur chat dokter. Adanya pandemi seperti saat ini membuat Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, jadi ketika mengalami keluhan kesehatan, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk melakukan konsultasi kesehatan secara online.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *