Tips Berinvestasi untuk Pemula Agar Langsung Dapat Untung

  • Whatsapp

Investasi merupakan cara mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang yang masing-masing memiliki risiko. Sama halnya dengan bisnis, investasi juga sangat mungkin mengalami kerugian atau keuntungan besar.

Memilih investasi terbaik adalah dengan memastikan bahwa kamu yakin memiliki kemampuan yang baik dalam investasi tersebut.

Setiap orang tentu memiliki pandangan tersendiri tentang pilihan investasi, ada yang mengatakan investasi saham lebih baik, investasi reksadana atau yang lainnya.

Sebelum memutuskan untuk memilih instrumen investasi yang mana, ada baiknya Kamu menyimak beberapa tips investasi berikut ini.

1. Tujuan Melakukan Investasi

Ini jadi hal pertama yang harus kamu lakukan. Tentukan dulu dana investasi arahnya untuk kebutuhan apa. Apakah untuk dana pensiun, membeli rumah, liburan, tabungan masa depan, dana darurat, dll.

Jika sudah menentukan tujuan berinvestasi, kamu jadi punya gambaran yang lebih jelas untuk memilih instrumen yang bisa memenuhi tujuanmu.

2. Menyesuaikan Profil Risiko

Memilih instrumen investasi harus menyesuaikan profil resiko juga. Profil resiko adalah batas toleransi yang bisa atau sanggup kamu tanggung terhadap resiko investasi.

Jika memang kamu tidak mampu menanggung resiko terlalu besar, lebih baik memilih instrumen yang beresiko kecil seperti memilih fintech di Indonesia misalnya. Tidak apa-apa meski keuntungannya kecil. Kamu bisa berinvestasi di instrumen yang lain jika kondisimu sudah cukup mendukung dan wawasan terhadap investasi sudah jauh lebih baik.

3. Memperkirakan Jangka Waktu Investasi

Dalam investasi, waktu adalah salah satu faktor penting yang harus jadi bahan pertimbangan. Kamu harus memperkirakan, kira-kira berapa lama jangka waktu investasi yang ingin kamu lakukan.

Pembagian jangka waktunya biasanya: jangka pendek untuk di bawah 1 tahun, jangka menengah untuk 1-5 tahun, dan jangka panjang untuk di atas lima tahun.

Semakin lama jangka waktunya, biasanya semakin besar pula keuntungannya. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhanmu.

4. Kepemilikan Dana

Petakan dulu dana yang kamu miliki. Pastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi jika memang masih ada sisa dana, kamu bisa mengalokasikan untuk investasi.

Beberapa financial planner menyarankan untuk investasi setidaknya 10% dari seluruh jumlah pendapatan. Kemudian investasi harus dilakukan reguler setiap bulannya.

5. Lakukan Pemantauan

Kamu jangan kemudian lepas tangan setelah berinvestasi. Beberapa instrumen memiliki pergerakan yang cukup aktif. Kamu perlu memperhatikan pergerakan investasi supaya kamu tahu bagaimana kondisi investasimu pada setiap momen.

6. Mulai Lebih Dini

Waktu adalah aset berharga bagi seseorang yang ingin berinvestasi. Semakin cepat kamu memulai investasi, semakin panjang juga perjalananmu dalam investasi. Manfaat investasi bisa lebih terasa saat kamu memilih instrumen investasi dengan jangka waktu panjang.

7. Pelajari Instrumen Investasi

Kamu harus mau belajar mendalami setiap wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan masing-masing instrumen investasi. Mulai dari hal-hal fundamental hingga strategi-strategi investasi.

8. Jangan Panik Saat Nilai Investasi Turun

Jangan panik saat kamu melihat nilai investasi turun. Kamu harus tenang, lakukan analisis, apakah ada kemungkinan untuk naik atau memang harus dilepas supaya tidak terlalu besar kerugiannya.

Maka dari itu kamu perlu memperdalam memperdalam wawasan dan pengetahuan supaya bisa tetap tenang dalam segala kondisi.

9. Investasi di Beberapa Instrumen

Jika kamu memiliki cukup banyak dana, kamu bisa membagi dana investasi di beberapa instrumen. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kamu mengalami kerugian di salah satu instrumen. Jadi kamu masih memiliki back up dari instrumen yang lainnya.

Kamu juga bisa membaginya di instrumen investasi jangka panjang dan jangka pendek. Jadi jika sewaktu-waktu kamu butuh dana darurat, kamu bisa mencairkan dana dari investasi jangka pendek.

Itu dia beberapa instrumen investasi terbaik untuk masa depan yang cocok untuk pemula dan tips berinvestasi buat pemula. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *